UncategorizedKetua LSF, Film Ice Cold Tak Mengungkap Fakta Baru

Ketua LSF, Film Ice Cold Tak Mengungkap Fakta Baru

-

- Advertisment -spot_img

Ketua LSF, Film Ice Cold Tak Mengungkap Fakta Baru

Ketua Lembaga Sensor Film Republik Indonesia (LSM) ikut menanggapi, polemik Film Ice Cold yang tayang di Netflix yang memutar cerita soal pembunuhan Kopi Sianida Mirna Salihin.

“Saya ikut memperhatikan komentar-komentar warga di media sosial. Mereka menyebut Jesica sampai divonis pun tak mengakui menaruh racun,” kata Rommy Fibri saat dihubungi di Jakarta, Jumat.(6/10/2023).

Menurut Rommy, sepanjang film tersebut bukan dokumenter, maka akan dianggap fiksi. Bahkan dalam film dokumenter pun nara sumber yang dihadirkan bisa melihat dari sudut pandang masing-masing.

“Maka dalam sebuah film, tak bisa dijadikan rujukan sebuah kasus. Film tak bisa langsung otomatis bertentangan dengan kasus hukum. Karena yang membuat adegan di dalam film dengan versi si pembuatnya,” ujar Romny.

“Melihat film tak bisa langsung seperti fakta hukum, walaupun ada banyak footage gambar di persidangan. Karena footage persidangan itu terbuka, tetapi fakta hukumnya juga cerita tersendiri,” katanya.

Apa yang dikerjakan penyidik kepolisian, disajikan jaksa di pengadilan. Selama tak ada fakta baru yang berbeda dengan apa yang sudah diputuskan oleh pengadilan, apalagi sudah sampai Kasasi di Mahkamah Agung, hanya menjadi cerita saja.

Bahwa di dalam Ice Cold lebih pada perdebatan versi masing-masing pihak itu cukup menarik
“Berbeda misalnya karya jurnalistik liputan investigasi yang mampu menghadirkan neo factum, atau fakta baru. Itu pun hanya menjadi catatan saja. Tidak otomatis bisa membuka (menggugat) putusan pengadilan. Kasus hukum bisa dibuka kembali jika ada temuan fakta baru,” ujar mantan wartawan Majalah Tempo ini.

Jadi menurut Rommy, di dalam film sutradara bisa memunculkan penggambaran versinya. Nara sumber pun juga dengan versinya masing-masing, ujar Rommy.

Penting untuk mencermati, terutama mereka yang terlibat polemik setelah menonton Film Ice Cold yang tayang di Netflik. Penonton harus bisa membedakan apa itu fakta hukum sebagai realitas yang utuh dengan pengambaran film, yang bisa memiliki angle yang berbeda.

The post Ketua LSF, Film Ice Cold Tak Mengungkap Fakta Baru appeared first on Sapulidi.

from Sapulidi https://ift.tt/iXeczY5
via IFTTT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Butet Kartaredjasa Bilang WhatsAppnya Sudah Pulih, Dibantu Teman dan Polda DIY

Butet Kartaredjasa Bilang WhatsAppnya Sudah Pulih, Dibantu Teman dan Polda DIY Budayawan Butet Kartaredjasa mengaku akses komunikasinya sudah lancar kembali....

Akun WA Miliknya Sudah Pulih, Butet Kartaredjasa: Dibantu Tim Siber Polda DIY

Akun WA Miliknya Sudah Pulih, Butet Kartaredjasa: Dibantu Tim Siber Polda DIY Seniman Butet Kartaredjasa mengaku akun WhatsApp (WA) miliknya...

Wujudkan Kota “Bersinar”, Polresta Malang Kota Bersama Forkopimda dan 5000 Pemuda Deklarasikan “War On Drugs”

Wujudkan Kota “Bersinar”, Polresta Malang Kota Bersama Forkopimda dan 5000 Pemuda Deklarasikan “War On Drugs” KOTA MALANG – Polresta Malang...

Komitmen Panglima TNI-Kapolri Amankan Pemilu Berjalan Aman dan Damai

Komitmen Panglima TNI-Kapolri Amankan Pemilu Berjalan Aman dan Damai Papua – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Kadiv Humas: Masyarakat Dipersilakan Lapor Jika Temukan Anggota Tak Netral

Kadiv Humas Polri  Jakarta. Polri mempersilakan masyarakat untuk melapor ke Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) apabila menemukan adanya anggota...

Kapolres Tanah Laut Bersama Istri Hadiri Puncak Perayaan Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut Ke 58

Kapolres Tanah Laut Bersama Istri Hadiri Puncak Perayaan Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut Ke 58 Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh...

Must read

Transportasi Terjangkau , Jokowi Pastikan Pemerintah akan Terus Bangun Infrastruktur Perkeretaapian

Sapulidi News : Agar Transportasi Terjangkau , Jokowi Pastikan...

Presiden Bangga Sistem Kendali Kereta PT INKA Modern tanpa Masinis

Sapulidi News : Canggih Nih Indonesia Bikin Kereta Tanpa...
- Advertisement -spot_imgspot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you